Kamis, 28 Juli 2011

Menag: Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Ibadah Selama Ramadhan

Jakarta (Pinmas)--Menteri Agama Suryadharma Ali mengajak umat Islam di seluruh tanah air untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas amal ibadah di bulan suci Ramadhan ini, agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan Menag menyambut bulan Suci Ramadhan 1432H/2011, yang akan disampaikan melalui TVRI dan RRI.
Marilah kita ramaikan masjid dan mushalla, kata Menag, dengan berbagai amaliah Ramadhan seperti shalat berjamaah, shalat tarawih, memperbanyak amal sedekah, dan memperbanyak mebaca Al Quran. "Latihlah diri kita untuk menjadi hamba yang taat kepada Tuhan sekaligus hamba yang peduli pada sesama," harapnya.
Menurut Menag, upaya peningkatan amal ibadah, tidak semata-mata dari sisi kuantitas, tapi yang tak kalah pentingnya adalah peningkatan amal ibadah dari sisi kualitasnya. Kalau hanya memperbanyak ibadah dari sisi kuantitas, dikhawatirkan kita akan masuk dalam kategori seperti yang disebut hadits Rasulullah SAW: "betapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya itu kecuali lapar dan dahaga."
Menag menghimbau kepada segenap kaum muslimin untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan. "Bagi mereka yang tidak menjalan ibadah puasa, agar menghormati yang sedang melaksanakan ibadah puasa, sehingga tercipta kerukunan dan kedamaian di negeri yang kita cintai ini," ucapnya.
Menag meminta kepada pengusaha hiburan dan rumah makan, dimohon pengertiannya untuk memahami suasana ramadhan yang suci dan tidak melakukan usahanya secara demonstrative pada siang hari.
Kepada pengusaha hiburan, media cetak dan elektronik, Menag berharap agar tidak menayangkan hiburan yang dapat menggangu kekhusuan orang yang berpuasa. Dengan demikian akan tercipta suasana Ramadhan sebagai bulan yang penuh rahmat, penuh ampunan serta mendapatkan magfirah dari Allah SWT. (ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar